Kampung Halamanku



BLITAR


Kota kecil yang mempunyai banyak cerita dan sejarah. dikenal sebagai Kota Patria atau PETA dibawah kepemimpinan suprijadi pada jaman penjajahan jepang. suprijadi adalah pahlawan yang berasal dari Blitar. Kota Blitar juga terkenal dengan makamnya yaitu makam presiden pertama Indonesia Soekarno.
Didaerah kabupaten blitar juga terdapat candi peninggalan kerajaan majapahit yang dikenal dengan candi penataran. terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten blitar. di candi penataran sering diadakan festival, seperti seruling purnama penataran yang diadakan setiap 3 bulan sekali waktu bulan purnama. kabupaten blitar juga banyak terdapat tempat wisata seperti kebun teh serah kencong, air terjun, pantai dan lain lain.

MAKANAN KHAS DARI BLITAR

Nasi pecel atau biasa disebut sego pecel. diblitar nasi pecel  juga menjadi andalan makanan masyarakat. dengan harga 5000-8000 nasi pecel udah dapat dinikmati. nasi pecel yang terkenal di blitar yaitu mbok bari, mbok sani, bariyem dan masih ada banyak lagi

warung martumi terletak di desa ngoran, kecamatan nglegok, kabupaten blitar. menjual berbagai jenis makanan seperti  ingkung lodeh, gurami lodeh/goreng, sayur nangka muda, sayur rebung. marung martumi terkenal dengan rasanya yang khas dan sayurnya yang sangat pedas. warung tersebut terkenal hingga ke kota-kota besar. buat kawan-kawan kalo main ke blitar jangan lupa buat mampir ke warung martumi
wajik kletik juga termasuk makanan tradisional khas blitar. berbahan dasar beras ketan dan berasa manis dengan tekstur keras, kenyal namun sedikit lengket, dengan dibukus kulit jagung yang sudah kering lalu disetrika agar wajik kletik bisa tahan lama

warung mak ti yaitu warung prasmanan yang juga terkenal di blitar. terlelat di desa gogodeso, kecamatan kanigoro, kabupaten blitar. warung yang menjual berbagai makanan. yang mendi ciri khasnya adalah iwak kali atau ikan kali. dibandrol dengan harga 10.000 bebas mengambil lauk, nasi dan sambal.
Rujak cingur juga termasuk makanan tradisional khas blitar. banyak ditemukan dipingiran atau depot atau warung. makan yang terbuat dari kacang, petis, cabai, pisang mentah dan lainnya lalu dihaluskan. setelah halus diiris tempe, tahu, lontong, dan dikasih sayur seperti kecambah, kangkung dan tidak lupa  cingurnya atau hidung sapi. 
KESENIAN DAN KEBUDAYAAN 

Jaran kepang atau biasa masyarakat menyebut jaranan sangat terkenal dan banyak peminatnya di blitar. di blitar banyak terdapat grub jaran kepang seperti WAB, TKP, DEVIL CREW dan lain lainya, kuda yang ditunggangi terbuat dari bambu yang dianyam lalu dibuat menyerupai jaran/ kuda. kuda luping atau jaran kepang menyuguhkan atraksi seperti makan gelas, makan arang yang masih membara, kadang juga memakan hewan dengan hidup-hidup.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heliped UMM

SEKUL ( Sengkaling Kuliner )